Partners

10 KONSEP GEOGRAFI DAN CONTOHNYA

10 konsep geografiPortalpendidikan – berikut ini merupakan contoh penerapan 10 konsep geografi dan contohnya dalam kehidupan. dengan adanya conoh ini semoga bisa lebih memahami konsep geografi.


1. Konsep Lokasi 
Dimanakah lokasi bentang alam ini berada? Pertanyaan ini akan menentukan konsep lokasi dalam geografi. Lokasi merupakan konsep dalam geografi terkait dengan kedudukan suatu objek di permukaan bumi. Konsep lokasi biasanya digunakan untuk menjawab pertanyaan where (di mana). Lokasi dapat dibedakan menjadi dua: 

a. Lokasi Absolut, yaitu lokais yang diukur secara akurat menggunakan koordinat. Koordinat ini, menggunakan garis astronomi, yaitu garis lintang dan bujur. Contohnya Lokasinya ka’bah terletak di 21º 25′ 21,05” LU dan 39º 49' 34,31” BT. 

b. Lokasi Relatif, yaitu lokasi dari salah satu fenomena dalam kaitannya dengan fenomena yang lain dan diukur dengan jarak serta arah. Contohnya rumah Fathur di dekat jalan raya sehingga memiliki harga jual yang tinggi berbeda dengan rumah Iqbal yang berda di dekat Kuburan. 

2. Konsep Jarak 
Jarak merupakan ruang yang dihubungkan antara dua lokasi atau dua objek dan dihitung melalui hitungan panjang maupun waktu. Jarak berkaitan erat dengan lokasi. Jarak suatu tempat dapat dibagi menjadi dua, yaitu jarak absolut dan jarak relatif. 
a. Jarak Absolut, yaitu jarak yang ditarik garis lurus antara dua titik. Contohnya Jarak antara kota Subang dengan Bandung sekitar 56 Km. 
b. Jarak Relatif, yaitu jarak atas pertimbangan tertentu misalnya rute, waktu, biaya, dan sebagainya. Contohny perjalanan dari Subang ke Bandung dapat ditempuh dengan waktu 2 jam 3 menit, perjalanan ini sangat tergantung pada rute dan kecepatan kendaraan. 

3. Konsep Keterjangkauan 
Keterjangkauan mengemukakan tentang mudah tidaknya suatu wilayah dijangkau dengan sarana transportasi dan komunikasi serta karakteristik kondisi permukaan bumi. Contohnya kondisi fisik di wilayah Pulau Jawa yang relatif datar mempunyai aksesibilitas yang tinggi, dibandingkan dengan Pulau Irian (Papua) yang aksesibilitasnya rendah karena wilayahnya berupa pegunungan dengan lerengnya yang terjal. 

4. Konsep Morfologi 
Morfologi berkaitan dengan bentuk muka bumi sebagai hasil tenaga endogen dan eksogen. Konsep ini memngungkapkan tentang bentang alam seperti pegunungan, pantai, lembah, dan lain-lain. Konsep ini akan membantu megetahui suatu potensi wialyah. Contohnya Wilayah pegunungan, dataran rendah, lembah, dan lain-lain. 

5. Konsep Aglomerasi 
Aglomerasi adalah kecenderungan persebaran yang bersifat mengelompok di suatu wilayah, karena kesamaan gejala ataupun faktor-faktor umum yang menguntungkan. Contohnya penduduk di perkotaan cenderung tinggal secara mengelompok pada tingkat sosial yang sejenis seperti permukiman mewah dan adanya peukiman kumuh. 

6. Konsep Nilai Kegunaan 
Nilai kegunaan berkaitan dengan manfaat suatu bentang alam di muka bumi yang bersifat relatif, artinya nilai kegunaan itu tidak sama, tergantung dari kebutuhan penduduk yang bersangkutan. Contohnya Laut memiliki nilai berharga bagai nelayan. 

7. Konsep Pola 
Pola berkaitan dengan susuan, bentuk, dan persebaran fenomena di muaka bumi. Fenomena yang dipelajari adalah fenomena alami dan fenomena sosial. Fenomena alami seperti aliran sungai, persebaran vegetasi, jenis tanah, dan curah hujan. Fenomena sosial misalnya, persebaran penduduk, mata pencaharian, permukiman, dan lain-lain. Contohnya pola persebaran pemukiman di sepanjang jalan didominasi pola memanjang. 


8. Konsep Deferensiasi Areal 
Konsep diferensiasi area adalah konsep yang mengungkapkan adanya perbedaan corak atau karakteristik antar wilayah. Konsep ini mengungkapakan bahwa ruang permukaan bumi tidaklah seragam. Contohnya perbedaan antara suasana desa dengan kota. 

9. Konsep Interaksi dan Interdependensi 
Interaksi adalah kegiatan saling memengaruhi suatu tempat yang satu dengan tempat lainnya. Sedangkan interdependensi adalah saling ketergantungan antara satu tempat dengan tempat lain. Contohnya interaksi desa kota terjadi karena terdapat perbedaan potensi, desa menghasilkan barang petanian sedangkan kota menjual alat teknologi untuk keperluan penduduk di desa. Interaksi antara desa dengan kota sangat terikat dan saling ketergantungan inilah yang dinamakan interdependensi. 


10. Konsep Keterkaitan Keruangan 
Keterkaitan keruangan adalah keterkaitan persebaran suatu fenomena dengan fenomena lain di suatu tempat atau ruang. Fenomena yang dimaksud adalah fenomena alam dan fenomena sosial. Contohnya adalah keterkaitan antara ketinggian tempat dengan jenis tanaman. Seperti pinus di temukan di dataran tinggi. 

Pengetahuan dasar tentang geografi dapat dipahami melalui pendekatan geogrfai. adapaun materi tentang pendekatan geografi pada artikel berikutnya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "10 KONSEP GEOGRAFI DAN CONTOHNYA"

Post a Comment