Partners

RPP MATEMATIKA PEMINATAN KELAS X

Portalpendidikan – Berpedoman pada kurikulum 2013 atau kurtilas RPP merupakan pedoman atau bagian dari persiapan yang harus dilakukan oleh guru sehingg pembelajaran dapat mencapai tujuan sesuai dengan kompetensi yang hendak dicapai. RPP sendiri terdiri atau beberapa bagian diantaranya identitas sekolah, kompetensi inti dan kompetensi dasar, indicator hasil belajar, sumber belajar, langkah pembelajaran yang terdiri dari kegitan pembuka, inti dan penutup, dan biasanya disertai dengan adanya lampiran rubrik penilaian, lembar kerja siswa, dan lembar soal tes.

   
Hal yang terpenting dari proses belajar adalah siswa memahami bagaimana dia harus belajar. Slah satu kunci keberhasilan adalah terencana begitupun dengan hasil belajat yang baik ditentukan dari perencanaan yang baik, yaitu dengan membuat RPP yang baik. Proses pembelajaran merupakan kegiatan  identifikasi dan dalam penemuan potensi dan  membentuk karakter setiap siswa. Maka pendidikan hasil merupakan hasil dari lingkungan sekolah, keluarga dan masyarakat dengan diharapkan siswa memiliki  dan mampu terbekali siswa dengan berbagai kompetensi. Pembelajran utama adalah pembelajaran yang berlangsung di keluarga. Sedangkan pembelajaran yang dilakukan dikelas akan memberikan kontribusi dalam membentuk karakter siswa.

Pada proses kegiatan pembelajaran dapat dimulai dari kegiatan awal selanjutnya inti dan penutup. Kegiatan awal diharapkan mampu mempersiapkan siswa dalam memasukai  kegiatan inti (pelaksanan) dan selanjutnya kegitan penutup diharapkan mampu mengukur dan mencerminkan hasil atau kompetensi yang diharapkan.

  

Pelaksanaan kegiatan yang dilakukan dari pembelajaran bisa melalui cara melakkan kegiatan mengamati fenomena dengan cara melihat, menyimak, mendengar, menonton tayangan video, serta mengamati gambar. Selain mengamati siswa juga dapat melakukan kegiatan membaca berbagi referensi. Selanjutnya hasil mengamati siswa disarankan bertanya mengenai materi yang belum dipahami  dari pengamatan yang sudah dilakukan. Guru bertugas membimbing siswa untuk melaksanakan pengamatan dari berbagai  hal yang kongkrit hingga menuju sesustu yang abstrak terkait dengan fakta, konsep dan prosedur pada objek atau hal yang menjadi pengamatan dalam prose pembelajaran. Guru perlu mendampingi siswa dalam menyusun dan membuat pertanyaan (hipotesis), sehingga siswa memiliki pengalaman  dalam proses mengetahui kemampuannya dalam mata pelajaran tertentu. Guru harus perlu memfasilitasi siswa untuk dapat berdiskusi, sehingga dengan diskusi kelompok siswa dapat melakukan  tukar gagasan dan informasi. Hingga akhirnya informasi dapat terkumpulkan oleh siswa  dengan cara menembukannya sendiri.

Berikut ini merupakan RPP matematika pemiatan kelas x sebagai berikut:
RPP MATEMATIKA PEMINATAN KELAS X  [Download]


Kegiatan pembelajaran dapat ditututp dengan membuat kesimpulan dari hasil proses pembelajaran selanjutnya guru melakukan kegiatan penilaian. Penilaian dilakukan untuk mengetahui kompetensi atau ketercapaian kompetensi siswa yang tercermin dari tercapainya tujuan pembelajaran. Kegiatan penutup yang dapat dilakukan oleh guru yaitu memfasilitasu siswa dalam membuat dan menghasilkan kesimpulan dari hasil pembelajaran, guru melakukan penilaian sehingga mampu mengukur kemampuan siswa, selanjutnya guru dapat meminta beberapa siswa untuk mengungkapkan manfaat dari hasil belajar, dan guru memberikan tugas kepada siswa sebagai bahan persiapan atau evaluasi hasil belajar. 

Tahapan-tahapan yang dapat dilakukan dalam proses kegitan pembelajaran dapat tercermin pada rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). Sehingga sudah seharusnya guru membuat RPP yang menyesuaikan dengan karakteristik sekolah dan karakter siswa. RPP di atas merupakan contoh saja. Semoga dapat bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "RPP MATEMATIKA PEMINATAN KELAS X "

Post a Comment