Partners

RPP Geografi kelas XI Kurikulum 2013 Revisi 2017

PortalpendidikanRencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) merupakan pegangan guru saat akan mengajar. RPP merupakan bagaian dari persiapan yang dilakukan oleh guru sebelum masuk kelas. Tujuan dari pembuatan RPP agar pembelajaran mencapai tujuan sesuai engan kompetensi yang diharapkan. RPP sendiri tersiri dari beberapa bagian yaitu ada identitas sekolah, kompetensi inti, kompetensi dasar, tujuan, imdikator, langkah pemebelajaran, sumber belajar, penilaian dan biasanya di lengkapi dengan lapiran yang terdiri dari rubrik penelian, LKS, dan lembar soal, dan lain-lain. Berikut ini merupakan contoh RPP geografi kelas XI kurikulum 2013 revisi yang dapat anda tiru dan modifikai sebagai referrensi.


Pembelajaran adalah proses agar siswa mampu belajar bagaimana dia belajar. Rencana pelaksanaan pembelajaran hanya salah satu sarana untuk mencapai pendidikan yang dilakukan oleh guru terhadap siswa.  Pembelajaran adalah proses pengembangan potensi serta  membentuk  karakter setiapsiswa sebagai hasil dari  pendidikan hasil dari sekolah, keluarga dan masyarakat. Proses pembelajran berlangsung di keluarga meruakah hal yang penting. Selain itu pembelajaran secara tatap muka dikelas memberikan kontribusi untuk pembentukan karakter siswa. Kegiatan pembelajaran dikelas di mulai dari kegiatan awal. inti dan penutup. Kegiatan awal diharapkan mempersiapkan siswa untuk bisa masuk atau siap di kegiatan inti (pelaksanan) dan penutup memberikan kesempatan untuk mengetahui kemampuan siswa. 

Pelaksanaan kegiatan pembelajaran dapat dilakukan dengan cara mengamati fenomena  dengan meliaht, menyimak, mendengar, melihat tayangan video, melihat gambar. Selain mengamati siswa pun dapat melakukan kaegitan membaca dari berbagi sumber belajar. Dari hasil mengamati siswa dapat bertanya mengenai apay yang belum dipahami dari hasi pengematan yang sudah dilakukannya. Guru harus membimbing siswa untuk melakukan pengamatan dari hal yang kongkrit hingga ke yang abstrak berkenaan dengan fakta, konsep dan prosedur pada objek atau hal yang menjadi pengamatan. dalam hal ini guru perlu membant siswa dalam menyusun atau membuat pertanyaan (hipotesis) sehingga siswa memiliki kesempatan untuk mengesplorasi kemampuannya. Fasilitasi siswa untuk dapat berdiskusi sehingga dalam kelompok siswa dapat bertukar gagasan dan informasi. Hingga akhirnya informasi terkumpulkan oleh peserta didik.

RPP Posisi Strategis Indonesia Sebagai Poros Maritim Duni [Download]
RPP Flora dan Fauna di Indonesia dan Dunia [Download]
RPP Pengelolaan Sumber Daya Alam Indonesia  [Download]
RPP Ketahanan Pangan, Industri dan Energi [Download]
RPP Dinamika Kependudukan di Indonesia [Download]
RPP Keragaman Budaya di Indonesia [Download]
RPP Mitigasi Bencana [Download]


Kegiatan pembelajaran dapat diakhiri dengan menemukan kesimpulan dari proses pembelajaran dan selanjutnya guru melakukan penilaian. Penilaian dilakukan untuk mengetahui tingkat ketercapaian kompetensi siswa yang tercermin dari tercapainya indikator dalam RPP. Kegiatan penutup yang dapat dilakukan oleh guru yaitu memfasilitasu siswa dalam menemukan kesimpulan dari hasil pembelajaran, guru malekukan penilaian agar terukur kemampuan siswa, guru meminta beberapa siswa untuk mengungkapkan manfaat dari hasil belajar, dan guru memberikan tugas kepada siswa. 


Tahapan kegitan pembelajaran dapat tercermin dalam rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). Sehingga  sejatinya RPP harus dibuat guru yang bersangkutan sesuai dengan karakteristik sekolah dan peserta didik. Adapun RPP di atas merupakan contoh saja. Semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "RPP Geografi kelas XI Kurikulum 2013 Revisi 2017"

Post a Comment