Portalpendidikan – Berpedoman pada kurikulum 2013 atau kurtilas RPP
merupakan pedoman atau bagian dari persiapan yang harus dilakukan oleh guru
sehingg pembelajaran dapat mencapai tujuan sesuai dengan kompetensi yang hendak
dicapai. RPP sendiri terdiri atau beberapa bagian diantaranya identitas
sekolah, kompetensi inti dan kompetensi dasar, indicator hasil belajar, sumber
belajar, langkah pembelajaran yang terdiri dari kegitan pembuka, inti dan
penutup, dan biasanya disertai dengan adanya lampiran rubrik penilaian, lembar
kerja siswa, dan lembar soal tes.
Hal yang terpenting dari proses
belajar adalah siswa memahami bagaimana dia harus belajar. Slah satu kunci
keberhasilan adalah terencana begitupun dengan hasil belajat yang baik ditentukan
dari perencanaan yang baik, yaitu dengan membuat RPP yang baik. Proses pembelajaran
merupakan kegiatan identifikasi dan dalam
penemuan potensi dan membentuk karakter
setiap siswa. Maka pendidikan hasil merupakan hasil dari lingkungan sekolah,
keluarga dan masyarakat dengan diharapkan siswa memiliki dan mampu terbekali siswa dengan berbagai
kompetensi. Pembelajran utama adalah pembelajaran yang berlangsung di keluarga.
Sedangkan pembelajaran yang dilakukan dikelas akan memberikan kontribusi dalam
membentuk karakter siswa.
Pada proses kegiatan pembelajaran
dapat dimulai dari kegiatan awal selanjutnya inti dan penutup. Kegiatan awal diharapkan
mampu mempersiapkan siswa dalam memasukai kegiatan inti (pelaksanan) dan selanjutnya
kegitan penutup diharapkan mampu mengukur dan mencerminkan hasil atau
kompetensi yang diharapkan.
Pelaksanaan kegiatan yang
dilakukan dari pembelajaran bisa melalui cara melakkan kegiatan mengamati
fenomena dengan cara melihat, menyimak, mendengar, menonton tayangan video, serta
mengamati gambar. Selain mengamati siswa juga dapat melakukan kegiatan membaca berbagi
referensi. Selanjutnya hasil mengamati siswa disarankan bertanya mengenai
materi yang belum dipahami dari
pengamatan yang sudah dilakukan. Guru bertugas membimbing siswa untuk
melaksanakan pengamatan dari berbagai hal yang kongkrit hingga menuju sesustu yang
abstrak terkait dengan fakta, konsep dan prosedur pada objek atau hal yang
menjadi pengamatan dalam prose pembelajaran. Guru perlu mendampingi siswa dalam
menyusun dan membuat pertanyaan (hipotesis), sehingga siswa memiliki pengalaman
dalam proses mengetahui kemampuannya
dalam mata pelajaran tertentu. Guru harus perlu memfasilitasi siswa untuk dapat
berdiskusi, sehingga dengan diskusi kelompok siswa dapat melakukan tukar gagasan dan informasi. Hingga akhirnya
informasi dapat terkumpulkan oleh siswa dengan cara menembukannya sendiri.
RPP 1 Induksi Matematika [Download]
RPP 2 Program Linear Dua Variabel [Download]
RPP 3 Matriks [Download]
RPP 4 Barisan dan Deret [Download]
RPP 5 Limit Fungsi Aljabar [Download]
RPP 6 Turunan Fungsi Aljabar [Download]
RPP 7 Integral Tak Tentu Fungsi Aljabar [Download]
RPP 2 Program Linear Dua Variabel [Download]
RPP 3 Matriks [Download]
RPP 4 Barisan dan Deret [Download]
RPP 5 Limit Fungsi Aljabar [Download]
RPP 6 Turunan Fungsi Aljabar [Download]
RPP 7 Integral Tak Tentu Fungsi Aljabar [Download]
Kegiatan pembelajaran dapat ditututp dengan membuat kesimpulan dari hasil proses pembelajaran selanjutnya guru melakukan kegiatan penilaian. Penilaian dilakukan untuk mengetahui kompetensi atau ketercapaian kompetensi siswa yang tercermin dari tercapainya tujuan pembelajaran. Kegiatan penutup yang dapat dilakukan oleh guru yaitu memfasilitasu siswa dalam membuat dan menghasilkan kesimpulan dari hasil pembelajaran, guru melakukan penilaian sehingga mampu mengukur kemampuan siswa, selanjutnya guru dapat meminta beberapa siswa untuk mengungkapkan manfaat dari hasil belajar, dan guru memberikan tugas kepada siswa sebagai bahan persiapan atau evaluasi hasil belajar.
Tahapan-tahapan yang dapat dilakukan dalam proses kegitan pembelajaran dapat tercermin pada rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). Sehingga sudah seharusnya guru membuat RPP yang menyesuaikan dengan karakteristik sekolah dan karakter siswa. RPP di atas merupakan contoh saja. Semoga dapat bermanfaat.
0 Response to "RPP MATEMATIKA WAJIB KELAS XI KURIKULUM 2013"
Post a Comment