Partners

HAKIKAT GEOGRAFI


portalpendidikan - Tahukah kamu bahwa geografi merupakan istilah yang sudah  dikenal sejak lama. Sebagai  “disiplin ilmu masih dianggap kurang familiar hal tersebut terjadi karena selama itu menempatkan geografi kurang proporsional dalam kurikulum sekolah. Awal mulanya geografi semula di beri nama ilmu bumi sehingga obyek yang dikaji terfokus pada fenomena alam saja, sementara fenomena manusianya terabaikan.   


Geografi terdiri dari geo=bumi, dan graphein = tulisan. Ungkap an itu pertama kali ungkapkan oleh  Eratosthenes yang mengemukakan kata “geografika”. Kata itu berakar dari geo=bumi dan graphika=lukisan atau tulisan.   Ahli geografi Bintarto (1977) mengemukakan, bahwa geografi adalah ilmu pengetahuan yang mencitra, menerangkan sifat bumi, menganalisis gejala alam dan penduduk serta mempelajari corak khas mengenai kehidupan dan berusaha mencari fungsi dari unsur bumi dalam ruang dan waktu.  


Pada hasil Seminar Semarang (1988) menyepakati rumusan, bahwa geografi adalah ilmu yang mempelajari persamaan dan perbedaan fenomena geosfer dengan sudut pandang kewilayahan atau kelingkungan dalam konteks keruangan.  Studi geografi mencakup analisis  gejala manusia dan gejala alam. Dalam studi itu dilakukan analisis persebaran-interelasi-interaksi fenomena atau masalah dalam suatu ruang.

Adapun Contoh Penerapan konsep geografi terdapa pada artikel berikutnya.

Objek Kajian ilmu geografi meliputi objek material dan obejek formal. Objek material sangat berkaitan dengan materi yang dikaji seperti litosfer, atmosfer, hidrosfer, biosfer dan antroposfer.  Sedangkan yang dimaksud dengan kajian  obyek formal yaitu mengkaji tentang  pendekatan (cara pandang) yang digunakan untuk menganalisis substansi (obyek material) tersebut.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "HAKIKAT GEOGRAFI"

Post a Comment