Partners

RPP MATEMATIKA WAJIB KELAS X KURIKULUM 2013

Portalpendidikan – Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) kurikulum 2013 adalah pedoman bagi seluruh guru sebelum mengajar. RPP bagaian dari persiapan yang dilakukan oleh guru dengan tujuan dibuatnya RPP pembelajaran mencapai tujuan yang sesuai dengan kompetensi yang diinginkan. Sebuah RPP terdidi dari bagian-bagian diantaranya adanya identitas sekolah, kompetensi yang terdiri dari kompetensi inti dan kompetensi dasar, tujuan dan imdikator, langkah pembelajaran yang didalamnya terdapat kegitan awal, inti dan penutup, selanjutnya adanaya sumber belajar, teknik penilaian dan biasanya disertai dengan lapiran yang didalamnya terdapat rubrik penelian, LKS, dan lembar soal. Berikut ini merupakan contoh RPP Matematika kelas X kurikulum 2013 revisi yang sebagai contoh yang dapat anda download.


Proses pembelajaran adalah kegiatan dengan tujuan agar siswa menemukan bagaimana cara siswa bisa belajar. RPP hanya salah satu kunci dalam mencapai hasil pendidikan yang dilaksanakan guru. Pembelajaran merupakan proses identifikasi dan penemuan potensi serta membentuk karakter setiap siswa. Maka pendidikan hasil dari sekolah, keluarga dan masyarakat diharapkan dapat membekali siswa dengan berbagai kompetensi. Pembelajran yang berlangsung di keluarga merupakah hal yang penting. Sedangkan pembelajaran tatap muka dikelas akan memberikan kontribusi dalam membentuk karakter siswa. Kegiatan pembelajaran di mulai dari kegiatan awal selanjutnya inti dan penutup. Kegiatan awal bertujuan mempersiapkan siswa dapat masuk dan siap di kegiatan inti (pelaksanan) dan penutup diharapkan mampu mengukur dan mencerminkan hasil kegitan inti. 

Pelaksanaan dari kegiatan pembelajaran dilakukan melalui cara mengamati fenomena dengan cara melihat, menyimak, mendengar, mengamati tayangan video,serta mengamati gambar. Selain mengamati siswa pun dapat melakukan kegiatan membaca dari berbagi referensi. Dari hasil mengamati siswa disarankan bertanya mengenai materi yang belum dimengerti dari pengamatan yang sudah dilakukannya. Guru bertugas membimbing siswa untuk melaksanakan pengamatan dari hal yang kongkrit hingga ke yang abstrak terkait dengan fakta, konsep dan prosedur pada objek atau hal yang menjadi pengamatan. Sehingga guru perlu mendampingi siswa dalam menyusun atau membuat pertanyaan (hipotesis), sehingga siswa berkesempatan untuk mengetahui kemampuannya dalam mata pelajaran tertentu. Guru harus memfasilitasi siswa untuk dapat berdiskusi, sehingga dengan diskusi kelompok siswa dapat bertukar gagasan dan informasi. Hingga akhirnya informasi terkumpulkan oleh peserta didik dengan cara menembukannya sendiri.

RPP 1 Persamaan dan Pertidaksamaan Linear  [Download]
RPP 2 Pertidaksamaan mutlak, pecahan, dan irasional  [Download]
RPP 3 Sistem persamaan linear tiga variabel  [Download]
RPP 4 sistem pertidaksamaan Linear Tiga Variabel [Download]
RPP 5 Fungsi [Download]
RPP 6 Trigonometri [Download]

Kegiatan pembelajaran ditututp dengan membuat kesimpulan dari proses pembelajaran selanjutnya guru melakukan penilaian. Penilaian dilakukan untuk mengetahui ketercapaian kompetensi siswa yang tercermin dari tercapainya tujuan pembelajaran. Kegiatan penutup yang dapat dilakukan oleh guru yaitu memfasilitasu siswa dalam membuat dan menghasilkan kesimpulan dari hasil pembelajaran, guru melakukan penilaian sehingga mampu mengukur kemampuan siswa, selanjutnya guru dapat meminta beberapa siswa untuk mengungkapkan manfaat dari hasil belajar, dan guru memberikan tugas kepada siswa sebagai bahan persiapan atau evaluasi hasil belajar. 

Tahapan-tahapan yang dilakukan dalam kegitan pembelajaran akan tercermin dalam rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). Sehingga sudah seharusnya RPP dibuat guru yang bersangkutan menyesuaikan dengan karakteristik sekolah dan karakter siswa. RPP di atas merupakan contoh saja. Semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "RPP MATEMATIKA WAJIB KELAS X KURIKULUM 2013"

Post a Comment